akne

Akne (Jerawat)

Posted on

www.ZonaHerbal.net – Akne (jerawat) merupakan kelainan umum pada kulit, yang menyebabkan timbulnya lesi kulit yang disebut papul. Lesi kebanyakan timbul pada wajah, leher, punggung, dada dan bahu. Kondisi ini umumnya terjadi pada usia antara 14-19 tahun, kendati ada beberapa individu yang mengalaminya pada usia 20-30 tahun. Kadang kala akne timbul kembali pada usia menopause. Akne ditandai dengan adanya komedo yang terbentuk akibat tersumbatnya saluran keluar dari folikel rambut oleh sekresi minyak dan sel-sel kulit mati. Kendati bukan merupakan gangguan kesehatan yang serius, namun akne yang berat dapat mengganggu penampilan dan meninggalkan bekas berupa jaringan parut permanen.

 

Anjuran Untuk Penderita Akne (jerawat)

  • Akne (jerawat) tidak mencerminkan bahwa seseorang kurang menjaga kebersihan
  • Cuci muka tidak perlu terlalu sering dilakukan, cukup 2 kali sehari dengan memakai sabun (bukan antiseptik).
  • Jangan biarkan rambut menutupi daerah wajah. Rambut, terutama yang kotor dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat.
  • Gunakan kosmetik yang berbahan dasar air
  • Pengobatan tidak membuat akne hilang lebih cepat tetapi dapat membantu mencegah kambuhnya akne.
  • Pengobatan membutuhkan waktu selama 1-2 minggu.
  • Hindari tindakan memencet atau memecahkan jerawat karena dapat meninggalkan bekas berupa jaringan parut pada kulit.
  • Pemaparan ringan terhadap sinar matahari mungkin bermanfaat, tetapi gunakan krim tabir surya non-minyak dan hindari kondisi banyak berkeringat.
  • Asupan gizi seimbang juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit.
  • Usahakan untuk tetap rileks. Stres diketahui merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya akne (jerawat).

Pilihan Terapi Untuk Penderita Akne (jerawat)

Gunakan Antibiotik Oral atau Sistemik

Tetrasiklin oral untuk acne, misalnya doxycycline dan tetracycline. Obat ini seringkali lebih efektif karena bekerja di seluruh tubuh, langsung pada kelenjar keringat (sebasea). Obat ini adakalanya dianjurkan untuk digunakan jika terapi topikal, misalnya kombinasi antibiotik dengan benzoyl peroxide, tidak dapat mebersihkan kulit dari jerawat (akne). Tidak boleh digunakan selama hamil.

Makrolid, seperti azithromycin dan erythromycin, juga perparat clindamycin digunakan secara oral dalam terapi akne.

Gunakan Antibiotik Topikal

Anti-infeksi topikal, seperti bacitracin, gentamicin, chlorampheicol, neomycin, sodium fusidate dan tetracycline juga dapat membantu mengobati acne.

Gunakan Pelindung Kulit

Ada sejumlah produk sabundan pembersih kulit wajah yang dapat digunakan untuk membantu mencegah timbulnya acne.

Gunakan Preparat Akne

Keratolitik, seperti azelaic acid, benzoyl peroxide, salicylic acid dan sulfur, bekerja dengan membunuh bakteri penyebab akne. Selain bersifat memutihkan, benzoyl peroxid juga dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan. Obat lain, seperti salicylic acid, dalam bentuk lotion dan krim membantu mencegah penyumbatan pori-pori juga memiliki khasiat antiseptik ringan. Obat ini harus digunakan secara terus menerus untuk mencegah timbulnya akne. Preparat yang mengandung sulfur atau kombinasi sulfur dengan resorcinol atau salicylic acid tidak boleh digunakan pada orang yang hipersensitif terhadap komponen ini. Preparat yang mengandung Azelaic acid menghasilkan efek antibakteri dan komedolitik pada acne.

Beberapa preparat akne mengandung antibiotik topikal, seperti erythromycin, clindamycin dan neomycin dengan atau tanpa dikombinasikan dengan benzoyl peroxide dan harus disimpan di dalam lemari es. Preparat ini umumnya bekerja dengan cara membersihkan kulit dari bakteri. Antibiotik biasanya digunakan dalam kmbinasi dengan obat lain yang dapat mencegah penyumbatan folikel.

Derivat vitamin A atau retinoid dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori untuk menghilangkan jerawat derajat sedang sampai berat dengan cara menormalkan pertumbuhan kulit. Derivat retinoid seperti tretinoin atau isotretinoin diketahui efektif untuk kulit yang sangat berminyak cenderung berjerawat. Obat obatan ini dapat dikombinasikan dengan produk anti acne lainnya, seperti benzoyl peroxide dan antibiotik oral. Dapat menyebabkan samping yang bermakna pada beberapa orang, termasuk cacat bawaan pada bayi bila dikonsumsi 1-3 bulan sebelum atau selama kehamilan. Sein itu juga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit dan mata sehingga untuk mengatasinya dibutuhkan pelembab yangtidak mengandung minyak dan tetes mata sebagai pelumas.

Preparat topikalnicotinamide dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang meradang.

Kontrasepsi oral membantu meniadakan efek androgen pada acne. Senyawa ini mengandung kombinasi hormon, seperti cyproterone dan ethinylestradiol yang lebih efektif dibanding kombinasi lain dalam membersihkan acne.

Kortikosteroid dapat disuntikan langsung pada lesi acne yang sangat meradang untuk membantu penyembuhan.

Suplemen

Multivitamin dan mineral dengan Chrominum, Antioxidants, Zinc.

PERHATIAN!! JANGAN GUNAKAN OBAT MEDIS TANPA DIDAMPINGI OLEH AHLI MEDIS KARENA OBAT MEDIS MEMILIKI EFEK SAMPING YANG BISA MEMBAHAYAKAN TUBUH.

Baca Juga Artikel Tentang

Alergi Pada Bayi
Anemia

Zona Herbal

Amazon Plus
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-plus/
K Muricata
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-k-muricata/
Amazon Berries
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-berries/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *