Alergi Pada Bayi

Posted on

www.ZonaHerbal.netAlergi Pada Bayi – Reaksi alergi atau hipersensitivitas adalah suatu respon imun berlebihan, dengan derajat bervariasi mulai dari yang ringan sampai berat, terhadap substansi yang dalam keadaan normal sebenarnya tidak membahayakan. Sistem imun bertugas melindungi tubuh terhadap substansi-substansi yang membahayakan (antigen). Namun demikian, pada orang-orang yang “peka”, sistem imun tersebut dapat bereaksi secara berlebihan terhadap substansi-substansi tersebut yang bagi kebanyakan orang biasanya tidak membahayakan. Akibatnya, timbul alergi. Alergi yang dialami oleh masing-masing orang tidak sama. Sebagian orang hanya alergi terhadap salah satu substansi, sedangkan sebagian lainnya mungkin alergi terhadap berbagai macam substansi.

alergi pada bayiBayi dan anak kecil umumnya lebih muda mengalami alergi karena sistem imun mereka masih belum berkembang sempurna dan dalam taraf “adaptasi” terhadap lingkungan sekitar. Alergen akan menimbulkan reaksi alergi melalui kontak langsung dengan kulit, saluran napas (dihirup), saluran cerna (konsumsi makanan/minuman) atau injeksi (misalnya suntikan atau gigitan/sengatan serangga).

Reaksi alergi dapat berupa alergi musiman (seperti hay fever) yang dipicu oleh obat-obatan, makan tertentu, debu atau bulu binatang. Penyebab terbanyak alergi pada bayi usia 0-1 tahun yaitu makan (susu), obat, infeksi, serangga, penyakit sistemik tertentu.

Anjuran Untuk Penderita Alergi

  • Sedapat mungkin hindari alergen, misalnya dengan menghentikan penggunaan obat-obatan yang memicu alergi, tidak memelihara hewan di dalam rumah, gunakan alat penyaring udara, dan tidak memberikan makanan pada bayi yang tidak sesuai usianya.
  • Bersihkan dan ganti sprei dan sarung bantal/guling/selimut anak secara berkala agar tidak menjadi sarang debu/kutu. Cuci barang-barang tersebut dengan air panas. Bersihkan AC di kamar/ruangan secara berkala.
  • Bersihkan perabotan rumah tangga agar tidak dijadikan sarang serangga dan tikus, misalnya dengan mengepel dan membersihkan dinding rumah setiap hari, menjaga agar saluran air tetap lancar dan tidak tersumbat/bocor, menggunakan tudung saji untuk menutup makanan di meja makan.
  • Singkirkan zat-zat yang dapat mengiritasi saluran napas, seperti asap rokok, asap bakaran sampah, dari dalam rumah.
  • Hindari pemaparan terhadap serbuk tumbuhan dan jamur/lumut (biasanya pada gudang/kamar mandi/tempat cuci. Singkirkan karpet yang kotor, ganti dan cuci barang-barang yang selalu basah dan muah ditumbuhi jamur/lumut, seperti korden kamar mandi, tempat sampah, wastafel, tempat cucian piring, dengan menggunakan deterjen.
  • Bila berpergian dengan mobil, tutuplah jendela dan pasang AC mobil.

Pilihan Terapi Untuk Penderita Alergi

Berikut ini beberapa obat medis yang bisa mengatasi alergi :

  • Golongan obat antihistamin
  • Golongan obat dekongestan
  • Golongan obat hormon kortikosteroid
  • Golongan obat batuk dan pilek
  • Golongan obat asma
  • Produk nutrisi bayi

Beberapa jenis susu formula bayi/lanjutan diformulasikan khusus untuk bayi yang mengalami reaksi alergi terhadap susu formula yang terbuat dari susu sapi.

PERHATIAN!! JANGAN GUNAKAN OBAT MEDIS TANPA DIDAMPINGI OLEH AHLI MEDIS KARENA OBAT MEDIS MEMILIKI EFEK SAMPING YANG BISA MEMBAHAYAKAN TUBUH.

Baca Juga Artikel Tentang :

Zona Herbal

Amazon Plus
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-plus/
K Muricata
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-k-muricata/
Amazon Berries
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-berries/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *