Anemia

Anemia

Posted on

www.ZonaHerbal.netAnemia adalah kelainan darah yang paling banyak dijumpai, dimana kadar hemoglobin dalam darah mengalami penurunan sampai di bawah kisaran normat menurut usia dan jenis kelamin. Selian penurunan hemoglobin, pada anemia juga terjadi penurunan jumlah sel darah merah (eritrosit). Hemoglobin adalah komponen sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Jenis anemia yang terbanyak yaitu anemia defisiensi besi.

Zat besi merupakan komponen esensial dari hemoglobin, dan kekurangan asupan zat besi dalam makanan mengakibatkan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Defisiensi zat besi biasanya terjadi pada wanit usia subur, tatapi dapa juga pada bayi, anak-anak dan remaja dalam masa pertumbuhan.

Anemia pernisiosa adalah salah satu jenis a.nemia dimana terjadi kekurangan substansi (faktor intrinsik) yang diperlukan tubuh untuk mengabsorpsi dan mengolah vitamin B12. Anemia jenis ini sering kali bersifat herediter (diturunkan) dan biasanya dialami oleh individu lanjut usia.

Anemia defisiensi asam folat ditandai dengan berkurangnya jumlah sel-sel darh merah dan sel-sel darah merah tersebut berukuran besar (abnormal) atau disebut juga a.nemia megaloblastik. Diet buruk dan kebiasaan mengonsumsi alkohol merupakan penyebab terbanyak defisiensi asam folat. Selain itu, defisiensi asam foalt juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor, seperti malabsorpsi dan penggunaan obat-obatan tertentu (misalnya antibiotik). Gejala a.nemia defisiensi asam folat antara lain : penurunan berat badan, diare, dan berkurangnya kemampuan untuk melakukan latihan fisik (berolahraga).

Anjuran atau Tips Untuk Penderita Anemia

  • Makan makanan dengan gizi seimbang, termasuk makanan yang kaya akan zat besi, misalnya buah-buahan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, roti tawar berserat kasar, dan sayuran berwarna hijau daun.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi zat besi dapat menimbulkan bahaya. Asupan zat besi secara berlebihan berhubungan dengan peningkatan risiko sirosis, kardiomiopati, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Oleh karena itu, dosis suplemen zat besi yang dikonsumsi harus sesuai dengan anjuran dokter.
  • Yang termasuk makanan tinggi asam folat dan vitamin B12 antara lain ikan, produk susu, daging, kacang polong, sayuran berwarna hijau tua, jeruk, dan serealia.
  • Konsumsi alkohol sebaiknya dibatasai dan suplemen asam folat sebagainya diberikan selama kehamilan untuk mencegah terjadinya a.nemia defisiensi asam folat.
  • Kenakan selalu alas kaki (sepatu atau sandal) untuk mencegah infestasi cacing.
  • Hindari paparan berlebih terhadap bahan bakar (bensin), insektisida, zat kimia, dan zat-zat toksik lainnya, karena dapat menyebabkan anemia.

Pilihan Terapi Untuk Penderita Anemia

  • Gunakan Antianemia/Vitamin Masa Hamil dan Nifas

Antianemia merupakan preparat yang mengandung zat besi untuk diberikan pada individu yang mengalami anemia defisiensi besi. Preparat ini biasanya mengandung suplemen garam besi.

Preparat yang mengandung asam folat dan vitamin B12 dapat diberikan jika a.nemia disebabkan oleh defisiensi zat gizi ini.

Vitamin masa hamil dan nifas mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, diantaranya yaitu zat besi, asam folat, dan vitamin B12, yang dibutuhkan untuk mengatasi anemia pada ibu hamil.

  • Gunakan Multivitamin/dengan Mineral

Multivitamin dan mineral diperlukan untuk mencukupi kebutuhan zat gizi esensial

  • Gunakan Obat Hematopoietik

Epoetin alfa dan epoetin beta merupakan eritropoietin rekombinan yang digunakan untuk mengobati anemia pada individu dengan gagal ginjal yang menjalani dialisis. Obat-obat ini merangsang produksi sel darah merah sehingga mengurangi kebutuhan akan darah transfusi pada individu tersebut.

  • Gunakan Perangsang Nafsu Makan

Beberapa jenis obat perangsang nafsu makan yang mengandung zat besi juga bermanfaat membantu mengatasi a.nemia defisiensi zat besi.

  • Gunakan Produk Nutrisi Bayi

Susu formula dan sereal yang diperkaya dengan zat besi tersedia untuk bayi dan anak yang membutuhkan suplementasi zat besi.

  • Gunakan Vitamin Pediatrik dan Mineral

Beberapa preparat vitamin pediatrik dan mineral mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk membantu perkembangan anak serta mengatasi anemia pada anak.

Baca juga artikel lainnya :

Zona Herbal

Amazon Plus
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-plus/
K Muricata
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-k-muricata/
Amazon Berries
http://www.zonaherbal.net/obat-herbal-amazon-berries/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *